Enam Elemen Bisnis Perangkat Lunak Yang Kuat

Enam Elemen Bisnis Perangkat Lunak Yang Kuat. Apakah Anda seorang profesional penjualan perangkat lunak, atau hanya menjual perangkat lunak sampingan, penting untuk mengikuti pedoman penting ini untuk sukses.

Baca juga artikel lainnya di : http://www.sunugalsene.com/

Bisnis Perangkat Lunak

Siklus penjualan perangkat lunak berubah.  Dengan adanya  Software-as-a-Service  (SaaS), komputasi cloud, dan opsi open source, dalam banyak kasus ini dapat mempersingkat proses pengambilan keputusan keseluruhan untuk pelanggan. Jika Anda masih menjual lisensi perangkat lunak tradisional dengan cara kuno, Anda mungkin menemukan bahwa pelanggan Anda telah membuat keputusan pembelian dengan orang lain sebelum Anda bahkan memiliki penawaran bersama!

Dalam pasar perangkat lunak yang kompetitif saat ini, sangat penting untuk fokus pada 6 elemen kunci untuk menjaga penjualan perangkat lunak Anda tumbuh:

1. Targetkan Produk & Harga Anda

Apakah Anda memiliki model bisnis perangkat lunak dan struktur harga yang tepat? Dengan perubahan yang terjadi di industri perangkat lunak (SaaS, open source, outsourcing, perangkat lunak seluler, dan lain-lain) mungkin sudah saatnya untuk meninjau kembali cara posisi produk perangkat lunak Anda, harga dan diproduksi. Misalnya, pindah ke atau menambahkan pendapatan layanan atau lisensi berlangganan dapat mendorong peningkatan penjualan perangkat lunak.

2. Memiliki Proposisi Nilai Yang Kuat

Apa kekuatan terbesar perusahaan Anda dan produk Anda (di mata pelanggan, tentu saja) dan keunggulan utama terhadap pesaing Anda? Itu adalah proposisi nilai Anda. Tetap sederhana. Anda harus dapat mengomunikasikannya tanpa berpikir sejenak, dan itu harus dikomunikasikan dengan meyakinkan dan dengan penuh semangat! Jika Anda tidak percaya, maka Anda tidak akan bisa membuat pelanggan Anda mempercayainya.

Pastikan bahwa proposisi nilai Anda dengan jelas membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing Anda di mata pelanggan. Ingat bahwa pesaing Anda mungkin tidak menjual produk yang persis sama dengan Anda. Jika bisnis perangkat lunak Anda adalah vendor perangkat lunak berlisensi, pesaing utama Anda dapat menjadi penyedia SaaS atau mungkin perangkat lunak open source. Masing-masing membutuhkan jenis proposisi nilai yang berbeda.

Apakah bisnis perangkat lunak menguntungkan?

3. Identifikasi Pelanggan Anda Yang Menguntungkan

Anda harus dapat menuliskan dengan tepat siapa basis pelanggan Anda: apakah mereka berada dalam industri tertentu? Apakah mereka di perusahaan kecil, menengah atau besar? Apa karakteristik umum lainnya yang dimiliki pelanggan yang tepat? Dan siapa pembeli dan pemangku kepentingan tertentu dalam pelanggan Anda? Luangkan waktu untuk menyusun  profil target pelanggan secara terperinci  untuk setiap produk atau layanan perangkat lunak Anda.

4. Bangun Hubungan Pelanggan Yang Kuat

Penting untuk membangun  hubungan pelanggan bisnis perangkat lunak yang kuat.  Ketahui dengan siapa target pelanggan Anda perlu membangun hubungan, dan memiliki proses penjualan perangkat lunak yang mendukungnya. Ini harus menjadi pembeli perorangan, pemangku kepentingan dan influencer dari pembelian produk atau layanan Anda. Bergantung pada biaya tipikal untuk perangkat lunak atau layanan Anda, mereka mungkin berada di level CXO atau tidak, tetapi pastikan Anda mengembangkan hubungan yang cukup tinggi di organisasi pelanggan Anda untuk dapat memengaruhi keputusan pembelian.

5. Perkuat Proposisi Nilai Anda

Gunakan ROI dan contoh klien untuk membantu memperkuat proposisi nilai Anda. Hanya memiliki produk yang kuat, mengidentifikasi pelanggan yang tepat, dan membangun hubungan tidak cukup. Anda perlu meyakinkan pelanggan itu bahwa Anda benar-benar dapat memenuhi proposisi nilai Anda  untuk mereka.  Itu berarti mengkomunikasikan  ROI yang kuat dan meyakinka,  dengan mempertimbangkan baik manfaat keras maupun lunak.

6. Sejajarkan Tujuan Penjualan Anda Dengan Kompensasi Penjualan Anda

Penting untuk memastikan bisnis perangkat lunak bahwa saluran penjualan atau organisasi Anda dan kompensasi penjualan Anda mendorong perilaku yang tepat untuk mencapai tujuan penjualan Anda. Ini mungkin tampak jelas, tetapi menakjubkan betapa banyak perusahaan yang salah dalam hal ini.

Baca juga Cara Memastikan bahwa Bisnis Dropshipping Anda Menghasilkan Uang Besar

Struktur organisasi penjualan Anda atau program saluran dan kepemilikan/penghargaan individu harus disusun sedemikian rupa sehingga mendukung keterlibatan dengan target pelanggan yang tepat dengan cara terbaik untuk menjual secara efektif. Proses penjualan bisnis perangkat lunakbenar-benar diperlukan, tetapi pastikan itu tidak menghalangi orang-orang penjualan Anda melakukan pekerjaan mereka, dan pastikan rencana perusahaan menghargai perilaku yang tepat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *