Cara Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise

Cara Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise! Banyak orang tertarik pada waralaba. Jika itu tepat untuk Anda, itu bisa menjadi peta jalan menuju kepemilikan bisnis yang menguntungkan. Anda bisa mendapatkan ide bagus atau bisnis yang sukses yang memiliki rekam jejak kesuksesan dan merek yang kuat, dan masih menjalankan bisnis sendiri.

Baca juga artikel lainnya di : http://www.sunugalsene.com/

Bisnis Waralaba

Pakar waralaba mendefinisikan waralaba sebagai “jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu (pewaralaba) tetapi yang diberi merek dan diawasi oleh perusahaan yang jauh lebih besar ​​biasanya nasional atau multinasional (pemilik waralaba).”

Memiliki bisnis waralaba berarti Anda mendapatkan gagasan yang sudah terbukti berhasil. Tentu saja, seperti halnya bisnis apa pun, masih ada tantangan yang terlibat dalam memulai waralaba dan menjalankannya. Sebanyak pemikiran harus pergi ke lokasi, perekrutan, dan manajemen seperti jenis bisnis lainnya, bahkan dengan model dan merek bisnis yang dirancang untuk Anda. Dan bagi sebagian wirausahawan, kehilangan kendali (Anda akhirnya diawasi oleh pemilik waralaba) dapat menjadi tantangan bagi mereka yang sangat mandiri.

Jadi sekarang Anda tahu bahwa Anda harus menemukan pemilik waralaba yang tepat jika Anda ingin menjadi pemegang waralaba. Anda menginginkan merek yang populer, dan perusahaan dengan reputasi yang baik untuk mendukung pemegang waralaba.Bagaimana caramu sampai kesana? 6 langkah untuk kepemilikan waralaba:

1. Ketahui anggaran Anda

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa selalu ada biaya bisnis waralaba dimuka,  dan pemilik waralaba sering memiliki persyaratan keuangan untuk siapa mereka akan mengizinkan untuk membuka salah satu waralaba mereka. Periksa keuangan dan aset pribadi Anda sehingga Anda dapat mulai mencari peluang sesuai dengan kisaran harga Anda.

2. Seperti halnya banyak hal, lakukan riset Anda

Misalnya, bisnis waralaba bukan tempat Anda berada secara finansial, cari di tempat lain. Anda tidak ingin membuang waktu untuk memimpikan rencana Anda untuk membuka waralaba tertentu, hanya untuk melihat cetakan yang bagus dan menyadari itu tidak cocok.

Apa lagi cara kepemilikan bisnis waralaba?

3. Jangkau franchisor dan franchisee lainnya

Anda ingin sebanyak mungkin detail dan informasi langsung tentang bagaimana rasanya mengoperasikan franchise ini. Tidak ada pengganti untuk menghadapi waktu dengan orang-orang yang pernah ke sana dan melakukannya sebelumnya. Satu pertanyaan kunci untuk ditanyakan pada franchisee, disarankan oleh Joel Libava: Apakah Anda akan mengulanginya lagi?

4. Biasanya, baik pemilik waralaba dan pemilik waralaba akan menjalani  proses wawancara

Ini bisa berupa panggilan konferensi, kunjungan ke markas mereka, dan pertemuan duduk. Ini akan bervariasi tergantung pada pemilik waralaba mana yang Anda pilih, tetapi tujuannya adalah bagi Anda dan pemilik waralaba untuk membahas seluk beluk spesifik dan menentukan apakah bisnis waralaba tepat untuk Anda. Perhatikan hal-hal seperti berapa banyak dukungan yang ditawarkan pemilik waralaba selama pengaturan, dan jika mereka memberikan pelatihan berkelanjutan.

5. Tandatangani perjanjian waralaba, dan lakukan investasi Anda

Ada biaya dimuka yang dibayarkan kepada pemilik waralaba, dan biasanya biaya investasi tambahan seperti dapur atau peralatan kebersihan. Di sinilah semuanya dimulai. Karena perjanjian kontrak merupakan hal yang krusial bagi setiap bisnis waralaba.

6. Akhir

Jika semuanya berjalan dengan baik perpanjang perjanjian waralaba Anda ketika berakhir untuk melanjutkan kepemilikan bisnis Anda. Biasanya, perjanjian ini panjangnya lima hingga 10 tahun. Tergantung dari pemilik bisnis waralaba untuk memperpanjang atau memutuskan hubungannya jika terjadi kondisi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan. Contohnya mengalami kebangkrutan atau penurunan pendapatan.

Baca juga Cara Menulis Rencana Bisnis yang Baik

Memasak sebuah ide baru memiliki nilai, tetapi tidak ada alasan Anda tidak dapat mendukung metode yang telah teruji waktu dan menuai manfaatnya, seperti yang sudah dilakukan banyak franchisee hari ini. Dengan perencanaan dan pelaksanaan yang matang, bisnis waralaba adalah perusahaan yang menguntungkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *